UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MATERI GAYA MAGNET SDN 2 TLOBONG DELANGGU

FITRIASTUTI , FATIKA CANDRA (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MATERI GAYA MAGNET SDN 2 TLOBONG DELANGGU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa: a) mendengarkan penjelasan guru, sebelum tindakan 30,7%, setelah tindakan 92,3%, b) mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 15,3%, setelah tindakan 76,9%, c) menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau teman lain, sebelum tindakan 23,07%, setelah tindakan 84,6%, d) mengemukakan ide/gagasan, sebelum tindakan 15,3%, setelah tindakan 76,9%, e) menyelesaikan tugas atau mengerjakan soal, sebelum tindakan 46,1%, setelah tindakan 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatakan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA sehingga berdampak pada hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, children learning in science
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 08:43
Last Modified: 28 Jun 2011 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item View Item