ARIYANI, DEVI (2011) PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_Devi.pdf Download (269kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
BaB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V__baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka_devi.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran 1)
Hasil_olah_Data_devi.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Lampiran 2)
angket_devi_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi semester VI tahun 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta, maka populasi pada penelitian ini sebanyak 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 123 orang mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keaktifan belajar mahasiswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,448 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,688 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Keaktifan belajar mahasiswa dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 40,337 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel keaktifan belajar mahasiswa memberikan sumbangan efektif 22,5%. Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 17,7%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 40,2%, sedangkan 59,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-20 |
Uncontrolled Keywords: | keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, kecerdasan emosional dan prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2011 09:53 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 08:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13014 |
Actions (login required)
View Item |