ZULAIKAH, ATTIIN (2008) KECERDASAN EMOSI PADA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING (MLM). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Kecerdasan emosi dalam dunia kerja diperlukan dalam mencapai suatu keberhasilan. Ketrampilan-ketrampilan manusia sangat dibutuhkan dalam organisasi atau kelompok, karena memiliki nilai tinggi dalam kepemimpinan dan manajemen sumber daya manusia (SDM). Kemampuan untuk menentukan bidang usaha yang sesuai dengan tujuan dan hati nurani pribadi sangat diperlukan karena seseorang yang mampu mengoptimalkan kecerdasan emosinya akan lebih jeli melihat sebuah peluang usaha sehingga lebih cekatan dalam bertindak, memiliki inisiatif, kepekaan, strategi, daya cipta, dan komotmen yang tinggi. Bisnis Multi Level marketing adalah sistem pendistribusian barang dan jasa mengunakan distributor sebagai penyalur barang/jasa. Distributor memiliki tugas untuk membina grup dan penjualan produk, sehingga kecerdasan emosi merupakan faktor utama untuk membangun hubungan baik dengan jaringan dalam meningkatkan omzet penjualan. Kecerdasan emosi merupakan peran utama untuk menjalankan bisnis Multi Level Marketing karena akan mempengaruhi ekspresi dari aspek kecerdasan emosi yang digunakan dan akan berpengaruh dalam menjalankan bisnis oleh karena itu permasalahan tersebut perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ekspresi sikap dari aspek kecerdasan emosi yang digunakan dalam menjalankan bisnis, dan bagaimana pengaruh kecerdasan emosi dalam menjalankan bisnis. Adapun pertanyaan berdasarkan teori kecerdasan emosi yaitu 1) mengenali emosi diri, 2) mengelola emosi, 3) memotivasi diri sendiri, 4) mengenali emosi orang lain, 5)membina hubungan yang digali saat wawancara dan observasi. Informan penelitian ini adalah 4 distributor Multi Level Marketing yang berdomisili di Surakarta. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis induktif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa motivasi para informan ada 2 yaitu 1) faktor psikologis : menginginkan hidup bahagia, mampu menolong orang lain, faktor fisiologis: mengalami perubahan ekonomi yang leboh baik. ekspresi dari aspek kecerdasan emosi pada distributor MLM yaitu 1)Para informan mengenali emosi diri dengan belajar dari buku, majalah, dan support system serta mampu mengetahui kekurangan dan cara mengatasinya, 2)Mengelola emosi pada keempat informan dengan mengasingkan diri, membaca buku, dan meminta kekuatan pada Sang pencipta, 3)Memotivasi diri sendiri pada keempat informan dengan menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat, membuat target impian, dan belajar cara bergaul, 4)Mengenali emosi orang lain pada keempat informan saat melakukan presentasi dengan menyesuaikan diri dengan lawan bicara,dengan sikap jujur, menunjukkan sikap semangat dan antusias, mengubah paradigma kerja dan menyadarkan arti kesuksesan, 5)Membina hubungan pada keempat informan adalah berinteraksi dengan semua latar belakang dan menginformasikan usaha tanpa memilih-milih. Dampak kecerdasan emosi pada distributor ada 2 yaitu 1) Psikologis meliputi kepercayaan diri, sikap optimis, empati, membangun hubungan baik dengan orang lain. 2) Bisnis yaitu mengalami perubahan ekonomi yang lebih baik dan bisa mewujudkan impiannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosi, Distributor, Multi Level Marketing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 May 2009 08:43 |
Last Modified: | 18 May 2009 08:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1296 |
Actions (login required)
View Item |