Mindaryani, Yustri and -, Dr. Choiriyah Widyasari, S.Psi., M.Psi and -, Dr. Minsih, S.Ag, M.Pd (2024) Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Di SDIT Muhamamdiyah Al-Kautsar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL YUSTRI NEW.pdf Download (563kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I YUSTRI.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II YUSTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III YUSTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV YUSTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V YUSTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA YUSTRI.pdf Download (253kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
LEMBAR PUBLIKASI YUSTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN YUSTRI (2).pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN YUSTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah (1) menganalisis desain Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. (2) menggambarkan pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. (3) menganalisis evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Penelitian ini yakni menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Juni 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data yakni dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni bahwa SDIT Muhammadiyah Al Kautsar telah mengimplementasikan desain, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Dengan pendekatan yang fleksibel, guru mengidentifikasi kebutuhan siswa melalui komunikasi dan kolaborasi dengan bimbingan konseling, serta menyesuaikan kurikulum dan strategi pembelajaran sesuai karakteristik masing-masing siswa. Meskipun ada tantangan dalam mengelola kelas yang heterogen, dukungan yang diberikan kepada siswa ABK melalui metode pengajaran yang tepat dan media pembelajaran yang adaptif menunjukkan upaya nyata untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Evaluasi yang dilakukan secara berkala memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi dan strategi agar lebih efektif, memastikan setiap siswa, terutama yang berkebutuhan khusus, mendapatkan pengalaman belajar yang optimal. Dengan kolaborasi antara guru, bimbingan konseling, dan orang tua, SDIT Muhammadiyah Al Kautsar berkomitmen untuk mendukung kemajuan semua siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi; Kebutuhan Belajar Berkebutuhan Khusus; Sekolah Dasar |
Subjects: | E Education > Theory and practice of education > Elementary Education E Education > Theory and practice of education > Disabilities |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | YUSTRI MINDARYANI |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:04 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128457 |
Actions (login required)
View Item |