OKTALINASARI , VENI (2011) METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Pembelajaran Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Metode pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan metode pembelajaran Quantum Teaching, karena metode tersebut bisa diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Penelitian dilakukan di SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang didalamnya terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakukan adalah 51,11. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 55,19, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 65,93 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,51. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2011 09:01 |
Last Modified: | 07 Jun 2011 09:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12813 |
Actions (login required)
View Item |