RAHMAHWATI , ANNISA (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT )TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD N Pelemgadung I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (558kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_(1-6).pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_(7-36).pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_(37-59).pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_(60-82).pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_(83-86).pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_(87-88).pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I Karang Malang Sragen semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar matematika meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 39,3 %, siklus I 54,4 %, siklus II 68,7 %, dan di akhir tindakan 78,1 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,1 %, siklus I 30,3 %, siklus II 56,2 %, dan di akhir tindakan 62,5 %, 3) tim yang mendapat nilai rata-rata ≥ 40 sebelum tindakan 0 %, siklus I 33,3 %, siklus II 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 27,2 %, siklus I 36,3 %, siklus II 78,1 %, dan di akhir tindakan 87,5 %,. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pasa siswa kelas V semester genap SD N Pelemgadung I tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran kooperatif, teams games tournaments. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2011 08:55 |
Last Modified: | 07 Jun 2011 08:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12811 |
Actions (login required)
View Item |