PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA POST OPERASI SECTION CAESAREAN ATAS INDIKASI HAMIL PRETEREM PREE EKLAMSIA RINGAN DI RSUD DR MOEWARDI SURAKARTA

Wahyuni, Sri (2010) PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA POST OPERASI SECTION CAESAREAN ATAS INDIKASI HAMIL PRETEREM PREE EKLAMSIA RINGAN DI RSUD DR MOEWARDI SURAKARTA. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Karya_Tulis_Ilmiah_-_Sri_Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Section Caesarean (SC) merupakan proses persalinan dengan melalui pembedahan dimana irisan dilakukan diperut ibu (laporotomi) dan rahim (histerotomi) untuk mengeluarkan bayi, adapun permasalahan fisioterapi yang timbul adalah hal adanya nyeri pada luka bekas sayatan diperut, potensi terjadi Deep Vein Trombosis (DVT), penurunan kekuatan otot perut karena adanya nyeri dan otot dasar panggul,adanya odema di kedua kaki, adanya penurunan kemampuan fungsional, dan adanya hambatan aktifitas di masyarakat. Dalam mengatasi permasalan tersebut dapat digunakan terapi latihan berupa post natal eksercise. Tujuan dari pengunaan terapi latihan yaitu untuk mengurangi nyeri, mencegah timbulnya DVT, meningkatkan kekuatan otot perut dan otot dasar panggul, mengurangi odema, meningkatkan kemampuan fungsional dan mengembalikan aktifitas di masyarakat. Penelitian karya tulis ini mengunaan metode studi kasus dengan pelaksanaan terapi 6 kali. Pelaksanaan meliputi segala tindakan fisioterapi yaitu pemeriksaan nyeri dengan VAS, pemeriksaan DVT dengan test homan’s sign, pemeriksaan kekuatan otot dengan Manual Muscle Testing, pemeriksaan odema dengan Antopometri dan pemeriksaan kemampuan fungsional dengan Indeks katz. Hasil dari penatalaksanaan tersebut adalah terjadi penurunan nyeri, tidak ada DVT, peningkatan kekuatan otot, penurunan odema, peningkatan kemampuan fungsional dan hambatan aktifitas di masyarakat dapat diatasi. Dengan demikian penatalaksanaan fisioterapi pada kondisi post operasi section caesarean dengan mengunakan terapi latihan dapat menurunkan nyeri, mencegah timbulnya DVT, meningkatkan kekuatan otot, menurunkan odema dan meningkatkan kemampuan fungsional sehingga tidak ada gangguan aktifitas di masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Section Caesarean, VAS, Deep Vein Trombosis, MMT, Antopometri, Indeks Katz, Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:47
Last Modified: 06 Jun 2011 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12801

Actions (login required)

View Item View Item