PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

ANDARI, ANDARI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKJ (teknik komputer jaringan) B yang berjumlah 39 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi pembelajarn aktif index card match dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. Hal ini dilihat dari indikator-indikator kemampuan procedural fluency sebagai berikut : 1) kemampuan siswa dalam mendefinisikan konsep sebelum tindakan 16,2% meningkat sebanyak 62,9% pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam mengeksplorasikan konsep sebelum tindakan 10,8% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep sebelum tindakan 7,7% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-42
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Procedural fluency, strategi pembelajaran aktif index card match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:33
Last Modified: 31 Oct 2011 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12797

Actions (login required)

View Item View Item