Kebijakan Kbri Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Imigran Di Malaysia

Indresvari, Mawardha and , Dr. Arief Budiono, S.H., M.H. (2024) Kebijakan Kbri Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Imigran Di Malaysia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARDHA - NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
ARDHA - SKRIPSI-1-11.pdf

Download (499kB)
[img] PDF (Bab I)
ARDHA - SKRIPSI-12-25.pdf

Download (346kB)
[img] PDF (Bab II)
ARDHA - SKRIPSI-26-42.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
ARDHA - SKRIPSI-43-64.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab IV)
ARDHA - SKRIPSI-65-66.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
ARDHA - SKRIPSI-67-70.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Kebijakan KBRI dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Imigran di Malaysia". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan kebijakan yang diambil oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dalam memastikan hak pendidikan anak-anak imigran Indonesia di Malaysia terpenuhi. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya anak-anak imigran yang tidak mendapatkan akses pendidikan yang memadai di negara tempat tinggal mereka. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi pustaka, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBRI telah melakukan berbagai upaya, termasuk kerjasama dengan pemerintah Malaysia, organisasi non-pemerintah, dan komunitas lokal, untuk menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak imigran. Upaya tersebut mencakup pendirian sekolah komunitas, program beasiswa, serta penyediaan buku dan bahan ajar. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan yang signifikan seperti masalah legalitas, keterbatasan sumber daya, dan sikap diskriminatif yang menghambat optimalisasi hak pendidikan anak-anak tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun KBRI telah melakukan berbagai langkah positif, diperlukan strategi yang lebih terintegrasi dan dukungan lebih lanjut dari berbagai pihak untuk memastikan setiap anak imigran mendapatkan hak pendidikannya secara penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan KBRI, Anak , Imigran
Subjects: K Law > Law (General)
K Law > Indonesia Law
K Law > Indonesia Law > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: MAWARDHA INDRESVARI
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:03
Last Modified: 28 Aug 2024 02:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127903

Actions (login required)

View Item View Item