FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2007

Agustina, Vindra Sofiani (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2007. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan dan Bab1)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Skripsi_Vindra_Sofiani_Agustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan media informasi bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan berbagai fakta dan pengukuran secara ekonomi mengenai sumber daya yang dimiliki serta kinerja kepada berbagai pihak. Informasi keuangan keuangan tersebut akan bermanfaat jika disampaikan tepat waktu kepada pemakainya. Manfaat laporan keuangan akan menjadi berkurang apabila laporan tersebut tidak disampaikan dengan tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif yang bersifat explanatory research, yaitu dilakukan untuk menjelaskan hubungan klausal antar variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Sampel diambil sebanyak 138 perusahan manufaktur yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang dibutuhkan adalah Profitabilitas, Debt Equity Ratio (DER), total aset (TA), kualitas auditor, dan tanggal pengumuman pelaporan keuangan per 31 Desember 2007. Data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD tahun 2008. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Hasil analisis regresi logistik memperoleh nilai Wald = 0,040 dengan p-value = 0,841 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05) dan H1 ditolak. Artinya perusahaan besar atau kecil akan menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu; (2) Rasio profitabilitas ROA dan ROE berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan dan H2 diterima. Artinya profitabilitas merupakan faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk mencetak laba. Perusahaan dengan kemampuan yang tinggi cenderung lebih cepat dalam menyampaikan laporan keuangan yang berisi berita positif tersebut; (3) Rasio utang Debt Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Hasil analisis regresi logistik memperoleh nilai Wald = 2,102 dengan p-value = 0,147 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05) dan H3 ditolak. Artinya perusahaan yang memiliki hutang yang tinggi atau rendah cenderung tepat waktu dalam menyampaikan laporan keuangan; (4) Kualitas auditor tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2007. Hasil regresi logistik memperoleh nilai Wald = 0,062 dan p-value = 0,804 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05) dan H4 ditolak. Artinya baik perusahaan yang menggunakan KAP besar atau KAP lokal akan berusaha tepat waktu dalam menyampaikan laporan keuangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, ROA, ROE, DER, Kualitas Auditor, Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 01 Jun 2011 09:37
Last Modified: 01 Jun 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12756

Actions (login required)

View Item View Item