PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KUALITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Publik Non-perbankan dan Jasa Keuangan Lainnya yang Terdaftar di BEI)

WIDYASTUTI, EMY (2010) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KUALITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Publik Non-perbankan dan Jasa Keuangan Lainnya yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab1)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Skripsi_Emy_Widyastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan dan kualitas GCG terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling, dengan kriteria : perusahaan publik non-perbankan dan jasa keuangan lainnya yang masuk dalam peringkat 10 besar CGPI yang dikeluarkan oleh IICG untuk tahun 2001, 2002, 2003, 2004, 2006 dan 2007. Data yang digunakan berasal dari ICMD perusahaan sampel, publikasi CGPI melalui majalah SWA, dan tanggal publikasi laporan keuangan yang diperoleh dari pojok BEJ UNS. Analisis data dilengkapi dengan uji kebaikan model dan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa log odds perusahaan akan menyampaikan laporan keuangan tepat waktu secara positif dipengaruhi oleh ukuran perusahaan dan kualitas GCG. Sedangkan Debt to Equity Ratio, profitabilitas, dan likuiditas tidak mempengaruhi log odds perusahaan dalam menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio, ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, kualitas GCG.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 01 Jun 2011 09:06
Last Modified: 01 Jun 2011 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item