ANALISIS PERSEPSI DOSEN AKUNTANSI DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA (SURVEY DI PERGURUAN TINGGI WILAYAH SURAKARTA)

Laksono, Fery Tri (2010) ANALISIS PERSEPSI DOSEN AKUNTANSI DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA (SURVEY DI PERGURUAN TINGGI WILAYAH SURAKARTA). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
2._Cover_dan_Bab_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
1._File_Keseluruhan_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini etika Akuntan telah menjadi issue yang banyak didiskusikan dan dibicarakan seiring dengan telah terjadinya beberapa pelanggaran etika yang telah dilakukan Akuntan Publik, Akuntan Intern, akuntan pemerintah. Dan oleh sebab itu kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan mulai menurun. Agar tetap memperoleh kepercayaan masyarakat maka perlu dipertahankan dan ditingkatkan kualitas kinerja profesi tersebut. Profesi akuntan pada masa-masa yang akan datang akan mengalami tantangan yang semakin berat. Hal ini menyangkut profesionalisme profesi yang mutlak diperlukan. Profesi akuntan memerlukan profesionalisme yang lebih tinggi dari masyarakat pada umumnya. Akuntan dituntut untuk bertindak etis dan memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjalankan tugasnya guna memperoleh kepercayaan dari masyarakat pemakai jasa profesi akuntan. Penelitian ini menggunakan metode survey, yaitu dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner sebagai penyaji data pokok. Yang bertujuan untuk mengetahui apakah tidak terdapat perbedaan persepsi antara Dosen Akuntansi dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan Indonesia. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan tiga perguruan tinggi di Surakarta, yaitu : UNS, UMS, UNIBA. Jumlah sampel untuk Dosen Akuntansi adalah 50, sedangkan jumlah sampel untuk Mahasiswa Akuntansi adalah 75. Hasil pengujian Independent Sample T Test untuk masing-masing variabel menunjukkan bahwa persepsi Dosen Akuntansi dan Mahasiswa Akuntansi dilihat dari persepsi tentang Kode Etik Akuntan Indonesia tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih besar dari 0,05 yaitu 0, 380 (P > 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Dosen Akuntansi, Mahasiswa Akuntansi,Kode Etik.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 10:38
Last Modified: 31 May 2011 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item