ANALISIS EARNINGS MANAGEMENT PADA LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA PERIODE 2005-2007 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

RUDI YANTO, RUDI YANTO (2010) ANALISIS EARNINGS MANAGEMENT PADA LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA PERIODE 2005-2007 (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
2_COVER_&_BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
1_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Informasi Laba sangat penting untuk mengukur kinerja perusahaan, sehingga manajemen sering kali melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan melakukan manajemen laba dengan cara menaikkan atau menurunkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan earnings management antara perusahaan yang mempunyai leverage rasio rendah dan leverage rasio tinggi pada laporan keuangan tahunan. Penelitian ini merupakan penelitian survey empiris dengan data-data sekunder dari Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengunakan sampel sebanyak 64 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2005-2007 yang terdiri dari 32 perusahaan yang mempunyai leverage tinggi dan 32 yang mempunyai leverage rendah ditinjau dari leverage industri yang bersangkutan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling . Data pendapatan (net sales), total aktiva (total asset), laba bersih (net income), cash flow, aktiva tetap, dan piutang (trade receivables) diperoleh dari ICMD tahun 2007 dan 2008. Teknik analisis untuk menguji adanya earnings management menggunakan perhitungan total accrual (TAC) dan discretionary accruals (DAC), dan pengujian hipotesis menggunakan uji beda non parametric Mann Whitney Test. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) terdapat indikasi adanya manajemen laba yang dilakukan perusahaan yang memiliki leverage rendah adalah dengan menaikan laba. perusahaan yang mempunyai leverage rendah memilki DAC yang lebih tinggi (0,01042). (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mean earnings management perusahaan yang mempunyai leverage ratio rendah dan tinggi. Hasil uji Mann Whitney Test memperoleh Z-hitung sebesar -1,782 dengan probabilitas 0,075. hal ini menujukan bahwa leverage ratio tidak mempengaruhi perusahaan untuk melakukan earnings management.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: earnings management, leverage, discretionary accruals
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 10:19
Last Modified: 31 May 2011 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item