ANALISIS PERUBAHAN RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2003-2008

RIFQIYATI, INDAH (2010) ANALISIS PERUBAHAN RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2003-2008. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
COVER_+_BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perubahan rasio keuangan untuk memprediksi return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2003-2008. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perubahan rasio keuangan berupa rasio likuiditas (perubahan current ratio), rasio profitabilitas (perubahan return on equity), rasio aktivitas (perubahan total asset turnover), rasio solvabilitas (perubahan debt to equity ratio), dan rasio pasar (perubahan price earning ratio dan perubahan price to book value), sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2003 sampai dengan 2008. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F, dan uji R2. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama-sama semua variabel independen (PCR, PROE, PTATO, PDER, PPER, PPBV) berpengaruh signifikan dari terhadap return saham. Secara parsial hanya variabel PROE yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil analisis untuk uji R2 menunjukkan bahwa dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi sebesar 0,127. Hal ini berarti 12,7% variasi return saham dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor PCR, PROE, PTATO, PDER, PPER, PPBV. Sementara sisanya sebesar 87,3% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rasio keuangan, return saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 10:11
Last Modified: 31 May 2011 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item