PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2006 – 2008)

WAYANTI, DINA SRI (2010) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN RISIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2006 – 2008). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Ba1)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Skripsi_Dina_Sri_Wayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio profitabilitas,solvabilitas dan risiko sistematik terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Risiko Sistematik (BETA) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan baik yang secara parsial maupun secara bersama-sama. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data data sekunder dengan populasi saham biasa perusahaan manufaktur tahun 2006-2008. Sampel penelitian sebanyak 31 perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2006-2008. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t dan uji F yang menguji pengaruh Return on Asset(ROA), Return on Equity(ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Risiko Sistematik (BETA) terhadap harga saham secara parsial dan secara bersama-sama pada tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Return on Asset (ROA) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas dari ROA sebesar 0,018 adalah lebih kecil dari 0,05. Untuk variabel Return on Equity (ROE) sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05 Sedangkan untuk variable Debt to Equity Ratio (DER) dan Risiko Sistematik (BETA) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham,hal ini ditunjukan dengan DER sebesar 0,256 dan BETA sebesar 0,205 yang berarti lebih besar dari 0,05 yang mengakibatkan kedua variable tersebut tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil uji- t. Sedangkan secara simultan Variabel Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), dan Risiko Sistematik (BETA) mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham hal ini ditunjukan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,039 < 0,05 dengan koofesien determinasi sebesar 31,2%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga saham, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Risiko Sistematk (BETA).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 08:53
Last Modified: 31 May 2011 08:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item