PERAN PROGRAM SRAWUNG PRAJA RRI SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Program Srawung Praja Sebagai Media Komunikasi Politik Antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Masyarakat)

HARYOKO, NICK PUMA BHELA (2011) PERAN PROGRAM SRAWUNG PRAJA RRI SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Program Srawung Praja Sebagai Media Komunikasi Politik Antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Masyarakat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
FILE_II.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Full Text)
FILE_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Radio dipandang sebagai satu-satunya media paling strategis guna menjangkau audience yang menempati ruang geografis yang luas, dan masyarakatpun lebih dapat mendengarkan radio karena sebagian besar masyarakat memilikinya baik di daerah perkotaan ataupun wilayah pedesaan. Radio menjadi alat komunikasi antar anggota masyarakat, antar individu dan institusi dalam memenuhi kebutuhan dan menampung aspirasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui aktivitas Komunikasi Politik yang dilakukan Pemerintah Kota Surakarta melalui Media Siaran Srawung Praja RRI Surakarta dengan masyarakat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi lapangan (wawancara dan observasi) dan studi pustaka. Metode analisis data dengan analisis data interaktif dengan komponen reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Peran program siaran srawung praja sebagai komunikasi politik antara pemerintah kota Surakarta dengan masyarakat, pada dasarnya adalah menumbuhkan pertisipasi masyarakat dan perangkat daerah Pemerintah Kota Surakarta. Radio RRI Surakarta berusaha untuk memetakan permasalahan yang selama ini dihadapi oleh penduduk Kota Surakarta. Dari hasil pemetaan tersebut adalah masalahan krusial dlam masyarakat yang diinformasikan kepada seluruh masyarakat Kota Surakarta melalui media radio RRI Surakarta dengan nama Siaran Srawung Praja. (2) Peran Siaran Srawung Praja dalam mengkomunikasikan program-program Pembangunan Masyarakat Kota Surakarta.Radio RRI Surakarta berusaha untuk membuka wacana kesadaran masyarakat akan potensi yang dimilikinya dan meningkatkannya untuk melakukan perubahan dengan mulai berani menyampaikan pendapat. Pada akhirnya masyarakat mulai menyadari bahwa dirinya memiliki potensi besar untuk ikut berperan serta dalam membangun daerahnya. Meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pelaksanaan pemerintahan daerah juga membuat perangkat daerah setempat mulai berpikir untuk memperbaiki pelayanannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011-006
Uncontrolled Keywords: Siaran Srawung Praja, Komunikasi Politik, Media Komunikas
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 May 2011 07:11
Last Modified: 16 Jun 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item