Integrasi Multikulturalisme Dalam Desain Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

, Hermawan and , Prof. Dr. Sekar Ayu Ariyani, M.Ag and , Dr. Imron Rosyadi, M.Ag. (2024) Integrasi Multikulturalisme Dalam Desain Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
MONOGRAFI DISERTASI Hermawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) sebagai mata kuliah ciri khusus Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) dan wajib ditempuh oleh mahasiswa. Faktanya, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sangat beragam, keberagaman tersebut dibuktikan dengan latar belakang mahasiswa dari berbagai pelosok dalam negeri dan luar negeri. Agar AIK dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa yang beragam maka perlu integrasi multikulturalisme dalam desain pembelajaran AIK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; pertama, desain pembelajaran AIK di UMS, kedua, integrasi multikulturalisme dalam desain pembelajaran AIK di UMS, ketiga, faktor pendukung dan penghambat pada integrasi multikulturalisme dalam desain pembelajaran AIK di UMS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive sampling yaitu Wakil Rektor UMS bidang AIK, personel struktural LPPIK, dosen AIK dan mahasiswa muslim. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh kemudian diuji keabsahannya dengan triangulasi teknik dan member chek. Hasil penelitian: pertama, desain pembelajaran AIK mencakup; desain capaian pembelajaran yang terdiri dari capaian pembelajaran lulusan (kesalehan pribadi, sosial, profesional) dan capaian pembelajaran mata kuliah AIK yang sesuai kategori Higher Order Thinking Skills. Desain materi pembelajaran AIK terdapat komponen pengetahuan, sikap dan keterampilan, meski belum didesain dengan concept map, desain materinya muncul dalam time line pembelajaran per minggunya. Strategi pembelajaran AIK menggunakan active learning sedangkan penilaian pembelajaran terdiri dari tes, non-tes dan alternatif tes. Kedua, integrasi multikulturalisme dalam desain pembelajaran AIK dibuktikan dengan adanya nilai kesetaraan dan kebersamaan yang sebagian besar terdapat pada desain capaian pembelajaran lulusan dan capaian pembelajaran mata kuliah AIK. Kemudian nilai toleransi, keterbukaan dan musyawarah terintegrasi pada desain materi pembelajaran AIK, seperti materi akhlak bermasyarakat, keragaman bacaan salat dan gender dalam Islam. Penggunaan active learning pada strategi pembelajaran AIK I dan AIK II dengan model baitul arqam yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mentoring keagamaan merefleksikan nilai-nilai egaliter dan demokrasi. Sedangkan nilai keterbukaan terdapat pada desain penilaian yang dibuktikan dengan adanya feedback dari dosen terhadap tugas mahasiswa. Ketiga, faktor pendukung integrasi multikulturalisme pada desain pembelajaran AIK yaitu peningkatan kompetensi dosen, strategi pembelajaran yang tepat, antusias mahasiswa saat pembelajaran serta dukungan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagian kecil mahasiswa berasumsi negatif dan meremehkan pembelajaran AIK serta sebagian kecil masih ditemukan dosen gagap teknologi dan adanya paham salafi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, multikultural, al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Formal > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:02
Last Modified: 14 Aug 2024 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127085

Actions (login required)

View Item View Item