ANALISIS DESKRIPTIF PENGGUNAAN OBAT DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA

RAHMAWATI , DEFI (2010) ANALISIS DESKRIPTIF PENGGUNAAN OBAT DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_DAFTAR_ISI.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Asma merupakan salah satu penyakit saluran napas. Tujuan terapi asma salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien asma. Perlu diperhatikan dalam penggunaan terapi obat antiasma yaitu dapat mempengaruhi kualitas hidup. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan obat atau terapi antiasma terhadap kualitas hidup pasien asma. Kualitas hidup didefinisikan sebagai persepsi individu terhadap posisinya, dan berhubungan dengan tujuan harapan, standar dan minat. Asma dilaporkan berdampak pada fisik, psikologis dan sosial yang termasuk domain dari kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas hidup pasien asma setelah menggunakan tarapi obat antiasma. Ditinjau dari aspek lima domain yaitu mobilitas, perawatan diri, aktivitas, nyeri dan depresi. Metode penelitian yang digunakan non eksperimental secara deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik non probability purposive sampling. Alat dan bahan yang digunakan adalah lembar kuesioner dan rekam medis pasien asma rawat jalan di Poli Paru RSUD dr. Moewardi Surakarta pada bulan Juli 2010. Data pengobatan dan kuesioner pasien yang diperoleh kemudian dievaluasi dengan cara melihat skor atau nilai kualitas pasien asma secara umum maupun skor dari tiap domain. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas hidup secara umum pasien asma 69,09%, dengan kualitas hidup domain paling tinggi pada domain perawatan diri 87,75% sedangkan paling rendah pada domain mobilitas 62,89%. Untuk kualitas hidup secara umum tertinggi pada penggunaan obat antiasma kortikosteroid yaitu 92,22%. Sedangkan gambaran kualitas secara umum terendah pada penggunaan obat antiasma kombinasi golongan agonis ß2 adrenergik-antikolinergik yaitu 70%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-002
Uncontrolled Keywords: asma, obat antiasma, kualitas hidup
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 09:36
Last Modified: 16 Jun 2011 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item