FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN OBAT BATUK BEBAS DI MASYARAKAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROPINSI LAMPUNG

SUNDARI , EVA (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN OBAT BATUK BEBAS DI MASYARAKAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROPINSI LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
cover&bab_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pengobatan sendiri adalah penggunaan obat oleh masyarakat untuk tujuan pengobatan sakit ringan (minor illnesses), tanpa resep atau intervensi dokter. Batuk adalah suatu refleksi fisiologi protektif yang bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan saluran pernapasan dari dahak, debu, zat-zat perangsang asing yang dihirup, partikel-partikel asing, dan unsur-unsur infeksi. Penjualan obat flu dan batuk di berbagai apotek dan toko obat di Lampung tahun 2004 meningkat 20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam penggunaan obat batuk bebas di masyarakat Kabupaten Lampung Utara Propinsi Lampung. Penelitian yang dilakukan bersifat observasional dengan pendekatan secara deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner kepada responden sebelumnya telah diuji keandalannya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengambilan sampel secara proporsional accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 130 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan obat batuk bebas di masyarakat Kabupaten Lampung Utara adalah faktor distribusi (78,5%), harga/ekonomi (69,9%), pribadi, kebudayaan, dan psikologis (66,4%), kualitas (56,7%), dan promosi (52,8%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas, harga/ekonomi, distribusi, promosi, pribadi, kebudayaan, dan psikologis, obat batuk bebas, deskriptif.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 05:31
Last Modified: 27 May 2011 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item