HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN RESUME KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA

SUPRIYATI , SUPRIYATI (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN RESUME KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_Halaman_Depan.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Tingginya angka ketidaklengkapan merupakan akibat dari ketidak disiplinan perawat dalam melakukan tindakan pengisian catatan medis, khususnya aspek resume keperawatan. Untuk mewujudkan kualitas resume keperawatan ini aspek yang perlu diperhatikan adalah pengetahuan dan motivasi seorang perawat tentang resume keperawatan, sehingga perlu dilakukan penelitian hubungan pengetahuan dan motivasi perawat dengan kelengkapan pengisian resume keperawatan di Instalasi Rawat Inap RS Dr.Moewardi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Lokasi penelitian di Instalasi Rawat Inap Dr.Moewardi Surakarta . Sampel penelitian yaitu perawat bangsal. Teknik sampling adalah probability sampling dengan tehnik simple random sampling. Sampel yang didapatkan sebanyak 66 perawat. Analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Terdapat hubungan antara pengetahuan perawat dengan kelengkapan pengisian resume keperawatan pada berkas rekam medis pasien rawat inap regular (p = 0,001). Kekuatan hubungan antara kedua variabel ini lemah (0,353). Terdapat hubungan antara motivasi perawat dengan kelengkapan pengisian lembar resume keperawatan pada berkas rekam medis pasien rawat inap regular (p = 0,001). Kekuatan hubungan antara kedua variabel ini lemah (0,395). Kesimpulan penelitian ini adalah ada korelasi dan signifikan antara pengetahuan dan motivasi perawat dengan kelengkapan pengisian resume keperawatan di instalasi rawat inap reguler RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J410/2011-012
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Motivasi, Kelengkapan Pengisian Resume Keperawatan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 09:59
Last Modified: 20 Jun 2011 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item