Analisis Komparatif Resiko Keuangan (Studi Kasus Pada : PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk dan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk di Indonesia )

SRIYATUN, SRIYATUN (2011) Analisis Komparatif Resiko Keuangan (Studi Kasus Pada : PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk dan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk di Indonesia ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PT. Bank Syari’ah Mandiri sebagai salah satu lembaga perbankan syari’ ah yang telah berkontribusi penting terutama bagi pengusaha kecil diharapkan dapat bersaing dengan perbankan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat resiko bisnis antara PT. Bank Syari’ah Mandiri dan PT. BankTabungan Negara selama periode 2007-2009. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website masing-masing bank. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriminan (Z-Score) yang dikembangkan oleh Altman. Dari hasil analisis data diketahui bahwa tingkat keuangan Bank Syari’ah Mandiri termasuk kategori tinggi karena mempunyai nilai Z-Score sebesar 1,46 (Z<1,81), sedangkan Bank Tabungan Negara juga masuk kedalam tingkat resiko yang tinggi kerena nilai Z-Score-nya sebesar 0,40 (Z<1,81). Perbandingan tingkat resiko keuangan menggunakan hasil analisis diskriminan (Z-Score) menunjukan kedua Bank berada pada kategori resiko tinggi. Namun nilai Z-Score Bank Syari’ah Mandiri lebih tinggi dibanding Bank Tabungan Negara, yang berarti resiko Bank Syari’ah Mandiri lebih rendah dibanding Bank Tabungan Negara. Rendahnya nilai Z-Score mengindikasikan bahwa kedua bank berada pada posisi bisnis beresiko tinggi dan bila tidak dilakukan pengelolaan bisnis secara baik dapat menyebabkan kepailitan dalam jangka panjang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011 - 22
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Resiko Keuangan, Z-Score.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2011 06:31
Last Modified: 28 May 2011 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item