HUBUNGAN SUMBER INFORMASI DAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU SEKS BEBAS PADA REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2011

Mentari , Wahyu Dewi (2011) HUBUNGAN SUMBER INFORMASI DAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU SEKS BEBAS PADA REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Wahyu_Dewi_Mentari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak ke masa dewasa, yang ditandai oleh adanya perubahan fisik, emosi, dan psikis. Masa remaja merupakan suatu periode masa pematangan organ reproduksi manusia dan sering disebut masa pubertas. Kata seks berhubungan dengan tingkah laku, perasaan atau emosi yang digabungkan dengan rangsangan organ kemaluan, daerah erogenous atau dengan proses reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sumber informasi dan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seks bebas pada remaja di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Metode penelitian menggunakan rancangan observasional dengan rancangan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis statistik menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh responden berasal dari guru 94%, rata-rata pengetahuan kesehatan reproduksi responden sebesar 16.7% adalah baik, sedangkan untuk rata-rata perilaku seks responden sebesar 16.5% adalah baik,. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara sumber informasi dengan perilaku seks bebas pada remaja (p=0,053) dan tidak ada hubungan antara pengetahuan kesehatan reproduksi dengan perilaku seks bebas pada remaja (p=0,713).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J410/2011-003
Uncontrolled Keywords: Sumber Informasi, Pengetahuan Kesehatan Reproduksi, Perilaku Seks Bebas Remaja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 09:54
Last Modified: 20 Jun 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item