STUDI KASUS MENGENAI PERILAKU HYGIENE SANITASI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA PENGOLAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSUD Dr.MOEWARDI SURAKARTA

RAHAYU, SUPRIYATI (2011) STUDI KASUS MENGENAI PERILAKU HYGIENE SANITASI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA PENGOLAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSUD Dr.MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Hygiene sanitasi makanan sangat penting terutama di tempat-tempat umum yang erat kaitannya dengan pelayanan orang banyak. Rumah sakit merupakan salah satu tempat umum yang memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dengan inti kegiatan berupa pelayanan medis bagi pasien yang diselenggarakan melalui pendekatan preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif. Untuk menunjang pelayanan medis bagi pasien yang diselenggarakan rumah sakit, perlu adanya pengolahan makanan yang baik dan memenuhi syarat hygiene sanitasi makanan. Seseorang yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi maka akan lebih terlatih pola pikir dan daya nalarnya sehingga akan lebih mudah menerima informasi tentang suatu hal dan menganalisanya. Dengan pengetahuan kesehatan maka diharapkan akan tercipta perilaku masyarakat yang kondusif untuk kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku hygiene sanitasi berdasarkan tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan tenaga pengolah makanan yang ada di Instalasi gizi RSUD Dr Moewardi Surakarta. Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengolah makanan di Instalasi Gizi RSUD Dr Moewardi Surakarta yang berjumlah 32 orang. Penelitian tentang tingkat pengetahuan hygiene sanitasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan perilaku dengan menggunakan chek list yang diisi oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tenaga pengolah makanan di Instalasi Gizi RSUD. Dr. Moewardi Surakarta terdiri dari tingkat pendidikan dasar (SD,SMP) sebanyak 8 orang (25%) dan tingkat pendidikan lanjut (SMKK/sederajat) sebanyak 24 orang (75%), tenaga pengolah makanan 100% dikategorikan berpengetahuan baik, 78% berperilaku baik , dan yang berpendidikan dasar (SD,SMP) berperilaku baik 15,6% dan tingkat pendidikan lanjut (SMKK/Sederajat) yang berperilaku baik 62,5%. Saran bagi RSUD Dr.Moewardi secara berkala perlu diberikan penyuluhan atau pelatihan kepada seluruh pengolah makanan tentang hygiene sanitasi, dalam penerimaan karyawan sebaiknya yang berpendidikan sesuai profesi, sehingga kinerja karyawan dapat lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Hyegiene sanitasi, Perilaku Pengolah makanan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 09:20
Last Modified: 14 Sep 2022 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item