HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LANJUT USIA TENTANG SENAM DENGAN KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI SENAM DI POSYANDU DESA NGARGOREJO NGEMPLAK BOYOLALI

PARYANTI, YANI and , Abi Muhlisin, SKM., M.Kep and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes (2011) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LANJUT USIA TENTANG SENAM DENGAN KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI SENAM DI POSYANDU DESA NGARGOREJO NGEMPLAK BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

Usaha untuk meningkatkan kesehatan lanjut usia (lansia) dengan adanya olah raga secara teratur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas fisik lansia dan diharapkan dapat melakukan aktifitas secara mandiri. Lansia yang melalukan senam sebat di posyandu diperlukan suatu pengetahuan yang baik sehingga lansia sadar akan arti pentingnya kesehatan dan adanya kemauan untuk mengikuti kegiatan senam yang telah ditentukan jadwal oleh kader posyandu lansia. Hasil studi pendahuluan di Posyandu lansia Desa Ngargorejo, Ngemplak Boyolali diperoleh informasi dari beberapa lansia yang ditemui dan ditanya mengemai pengetahuan tentang manfaat senam 17 lansia hanya dapat menyebutkan beberapa manfaat senam lansia, sedangkan 3 lansia dapat menyebutkan manfaat senam lansia. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara pengetahuan lansia tentang senam dengan keaktifan dalam mengikuti senam di Posyandu Desa Ngargorejo Ngemplak Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan rancangan deskriptif, serta dengan pendekatan cross sectional. Jumlah anggota posyandu lansia sebanyak 90 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 47 responden. Instrumen penelitian mengenai pengetahuan lansia tentang senam menggunakanan kuesioner dengan skala Guttman, sedangkan keaktivan lansia dalam mengikuti senam lansia diporoleh dari jumlah kehadiran lansia mengikuti senam selama satu tahun terakhir yaitu 48 kali pertemuan. Uji hipotesis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan 17 responden (36,2%) memiliki pengetahuan kategori sedang, 14 responden 29,8%) dengan pengetahuan tinggi dan 16 responden (34,0%) memiliki pengetahuan rendah. Sebanyak 29 responden (61,7%) tidak aktif dalam mengikuti senam lansia, 18 responden (38,3%) aktif mengikuti senam lansia. Hasil uji hipotesis dengan uji Chi Square diperoleh nilai x2 = 14,684 dengan pvalue = 0,001, sehingga disimpulkan terdapat hubungan antara pengetahuan lansia tentang senam dengan Keaktifan dalam mengikuti kegiatan senam di Posyandu Kondang Waras Desa Ngargorejo, Ngemplak Boyolali. Saran penelitian adalah perlunya peningkatan kesadaran lansia akan arti pentingnya kesehatan, yaitu mengikuti kegiatan senam lansia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, lansia, keaktifan, senam lansia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 May 2011 07:19
Last Modified: 20 Nov 2019 02:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item