Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Makanan Pendamping Asi dengan Status Gizi balita Usia 9-18 Bulan di Posyandu Melati Desa Bibis Luhur Kalurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Surakarta

NURIA , SARI ASRI (2010) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Makanan Pendamping Asi dengan Status Gizi balita Usia 9-18 Bulan di Posyandu Melati Desa Bibis Luhur Kalurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_&_BAB_1.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
BARU_COVER-SARI_ASRI_-GIZI-PASCA_DADAR_UJIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Pendahuluan- Berdasarkan survei pendahuluan diketahui bahwa di Kelurahan Nusukan mempunyai jumlah balita yang terbanyak diantara kelurahan yang lain dengan status gizi balita kurang sebanyak 41,1% dan status gizi balita normal sebanyak 58.9%, dan biasanya makanan pendamping yang diberikan untuk anak balita hanya berupa bubur. Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan Ibu tentang Makanan Pendamping ASI dengan Status Gizi Balita Usia 9-18 Bulan di Posyandu Melati Desa Bibis Luhur Kalurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari Surakarta. Metode Penelitian - Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan crossectional. Jumlah responden sebanyak 46 dipilih secara acak (simple random sampling). Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dengan memberi daftar pertanyaan kepada ibu selanjutnya data dianalisis dengan uji korelasi product moment dari Pearson. Hasil Penelitian - (1) Tingkat pengetahuan ibu tentang MP-ASI tergolong baik sebanyak 28 orang (60,90%); (2) Balita yang mempunyai status gizi yang tergolong baik sebanyak 39 orang (84,80%); (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan status gizi anak, dari hasil penelitian didapatkan nilai p = 0,024 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan - Terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan Status Gizi Balita Usia 9-18 Bulan di Posyandu Melati Desa Bibis Luhur Kalurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Status Gizi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 09:25
Last Modified: 14 Sep 2022 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item