ANALISIS PENGARUH HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI BERITA HARIAN SUARA MERDEKA DI SURAKARTA

Mahdi, Yuniar (2008) ANALISIS PENGARUH HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI BERITA HARIAN SUARA MERDEKA DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100010583.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Kesuksesan sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya dapat di capai dengan berbagai cara dan jalan, namun yang menjadi factor kunci dari kesuksesan tersebut adalah ketika perusahaan mampu memahami perilaku konsumen yang menjadi pasar sasaran produknya. Hal ini dapat diketahui dengan jalan meneliti kenapa konsumen memilih dan menjatuhkan keputusan membeli produknya. Sebuah perusahaan perlu mengevaluasi kinerja sebelumnya dan memperbaiki kebijakan strategi marketingnya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan distribusi terhadap minat beli berita harian Suara Merdeka. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen berita harian Suara Merdeka di wilayah Surakarta. Sampel dalam penelitian ini 100 orang, pengambilan sampel ini dilakukan secara accidental sampling dan pusposive sampling. Alat analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen yaitu validitas dan reliablitas dan pengujian hipotesis meliputi analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa keempat variabel yaitu harga, distribusi dan promosi secara signifikan berpengaruh terhadap minat beli. Hasil uji ketepatan model menunjukkan bahwa model cukup bagus, hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 13,382 dengan probabilitas 0,000 signifikan pada α 1% dan ditunjukkan juga oleh besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,295, hal menunjukkan bahwa ketiga variabel independen mampu menjelaskan minat beli sebesar 29,5%. Sisanya sebesar 60,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil analsis koefisien Beta menunjukkan bahwa variabel harga mempunyai pengaruh yang paling signifikan terhadap minat beli dibandingkan dengan variabel lainnya. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai koefisien Beta untuk variabel harga sebesar 0,246.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga, promosi, distribusi, minat beli
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 19 May 2009 07:42
Last Modified: 17 Nov 2010 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item