PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DANHARGA TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM BERBELANJADI SWALAYAN MITRA KARANGANYAR

Budiharjo, Sapto (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DANHARGA TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM BERBELANJADI SWALAYAN MITRA KARANGANYAR. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover dan Bab 1)
Cover_+_Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab Full)
Keseluruhan_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)

Abstract

Untuk membangun kepuasan pelanggan, pengukuran dan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan sangat penting dilakukan. Kepuasan pelanggan adalah konsep yang jauh lebih luas dari hanya sekedar penilaian kualitas pelayanan, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diantaranya yaitu kualitas jasa, kualitas produk, harga dan faktor situasi dan personal dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi tentang harga terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar dan faktor apa yang paling berpengaruh terhadap minat berbelanja konsumen di Swalayan Mitra Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar. Sedangkan jumlah sampel yang dapat dipakai untuk penelitian berjumlah 40 orang. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa faktor kepuasan konsumen, yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berbelanja konsumen pada Swalayan Mitra Karanganyar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas t masing-masing sebesar 0,043 (kualitas pelayanan), 0,026 (kualitas produk) dan 0,011 (harga), hasil probabilitas tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis pertama yang menyatakan bahwa “Diduga kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar”, terbukti kebenarannya. Variabel harga memiliki nilai koefisien regresi yang paling besar dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk yaitu sebesar 0,354, hal ini berarti harga merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap minat konsumen berbelanja. Hal ini berarti hipotesis kedua yang menyatakan bahwa “Diduga faktor harga berpengaruh paling dominan terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga Minat Berbelanja Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 May 2011 10:27
Last Modified: 19 Nov 2019 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12514

Actions (login required)

View Item View Item