PERBANDINGAN EFEK ANALGESIK TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) MENURUT TEORI GAD ALON DI PANTI WERDHA DHARMA BHAKTI SURAKARTA DENGAN KEBIASAAN PRAKTEK FISIOTERAPI SEHARI-HARI DI PUSKESMAS KARTASURA DALAM MENGURANGI NYERI KRONIK PINGGANG BAWAH MYOGENIC

RUKMAYANTI, NUR NOVI (2011) PERBANDINGAN EFEK ANALGESIK TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) MENURUT TEORI GAD ALON DI PANTI WERDHA DHARMA BHAKTI SURAKARTA DENGAN KEBIASAAN PRAKTEK FISIOTERAPI SEHARI-HARI DI PUSKESMAS KARTASURA DALAM MENGURANGI NYERI KRONIK PINGGANG BAWAH MYOGENIC. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan kesehatan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut pembangunan kesehatan dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. fisioterapi sebagai salah satu tenaga kesehatan yang bergerak dalam kapasitas fisik dan kemampuan fungsional serta meningkatkan derajat kesehatan yang salah satunya dengan mengurangi nyeri, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efek analgesik Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) menurut teori Gad Alon di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta dengan kebiasaan praktek fisioterapi sehari-hari di Puskesmas Kartasura dalam mengurangi nyeri kronik pinggang bawah myogenic. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penghuni Panti Wreda di Surakarta, Sampel pada penelitian ini adalah seluruh penghuni Panti Wreda yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Masing-masing sampel pada tiap kelompok yaitu 15 orang. Hasil Penelitian berhasil membuktikan adanya efek analgesik pada penggunaan TENS dalam mengurangi nyeri kronik pinggang bawah myogenic pada usia lanjut. Penggunaan TENS yang dipasang pada kulit untuk menghasilkan sensasi kesemutan, menggetar pada area nyeri yang akhirnya menurunkan nyeri dengan menstimulasi reseptor tidak nyeri (non-nosiseptor) dalam area yang sama seperti pada serabut yang menstrasmisikan yaitu gate control. Dengan demikian TENS juga dipakai oleh siapa saja yang mengalami nyeri sehingga diharapkan dengan memakai TENS nyeri yang dirasakan menjadi berkurang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efek Analgesik, Gad Alon, Nyeri Kronik
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 10:07
Last Modified: 19 May 2011 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item