PENGARUH PEMAKAIAN SEPATU HAK TINGGI TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) MIOGENIK PADA SALES PROMOTION GIRLS (SPG) DI COUNTER PAKAIAN MATAHARI SOLO SQUARE

SUSILANINGMRIH , ERNI (2011) PENGARUH PEMAKAIAN SEPATU HAK TINGGI TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) MIOGENIK PADA SALES PROMOTION GIRLS (SPG) DI COUNTER PAKAIAN MATAHARI SOLO SQUARE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Pemakaian sepatu hak tinggi akan mengundang berbagai masalah. Salah satu diantaranya masalah yang ditimbulkan dari pemakaian sepatu hak tinggi adalah NPB Miogenik.Dari survey yang pernah dilakukan pada SPG di Matahari Solo Square pada bulan juli, setelah dilakukan wawancara mereka bekerja memakai sepatu hak tinggi ≥ 5 cm, dan dominan berdiri 7 jam perhari, terdapat 7 dari 10 wanita pengguna sepatu hak tinggi mengeluhkan nyeri pada pinggangnya. Pemakaian sepatu hak tinggi dalam waktu lama dapat mengubah posisi anatomi tulang belakang menjadi tidak normal dan membuat otot pada daerah punggung cedera. Memakai sepatu dengan hak tinggi ≥ 5 cm, membuat kaki terus-menerus plantar fleksi sehingga posisi anatomi tulang belakang menjadi berubah. Artinya, punggung akan terus-menerus hiperekstensi untuk menjaga keseimbangan, sehingga otot yang berada pada punggung bawah seperti otot erektor spine dalam keadaan tegang oleh karena kontraksi yang terus-manerus sehingga dapat menyebabkan nyeri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemakaian sepatu hak tinggi terhadap nyeri punggung bawah (NPB) miogenik pada Sales Promotion Girls (SPG) di counter pakaian Matahari Solo Square. Penelitian ini merupakan penelitian Survey Analitik dengan metode Cross Sectional, untuk mengetahui pengaruh penggunaan sepatu hak tinggi terhadap LBP myogenic pada Sales Promotion Girls (SPG) di counter pakaian Matahari Solo Square Surakarta. Sampel penelitian 49 responden SPG yang telah memenuhi kriteria inklusi, dimana penelitian dilakukan pada bulan Desember 2010. Kemudian pengolahan data mengunakan program SPSS Versi 15, uji hipotesis dengan uji correlation product moment Pearson. Hasil uji hipotesis bahwa Pearson Product Moment (rxy) = 0,624 dengan ρ-value = 0,000. Pada tingkat ketelitian α = 0,05 dapat dilihat bahwa ρ-value < α atau (0,000 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara tingkat pemakaian sepatu hak tinggi dengan tingkat nyeri punggung terdapat hubungan yang signifikan. Hasil penelitian disimpulkan ada pengaruh pemakaian sepatu hak tinggi terhadap nyeri punggung bawah miogenik pada sales promotion girls di counter pakaian matahari Solo Square.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sepatu hak Tinggi, nyeri punggung bawah miogenik, Sales Promotion Girls (SPG).
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 09:42
Last Modified: 19 May 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item