PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2

PANGESTI, ILMI PUTRI (2011) PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas karena kematangan ketrampilan motorik dasarnya. Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mempertahankan keseimbangan baik static standing ballance dan dynamic standing ballance diperlukan gerakkan yang lebih baik dan terkontrol dengan gerakkan-gerakkan pada gymnastic exercise. TUJUAN: Untuk mengetahui pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan pada anak usia 8 sampai 9 tahun. SUBYEK: Sebanyak 31 anak terdiri dari 18 perempuan dan 13 laki-laki di SD Gonilan 2, Surakarta. METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penilitian pre test-post test with control group design. Pengukuran keseimbangan menggunakan Modification Clinical Test Sensory Interaction and Ballance (m-CTSIB) with static and dynamic standing ballance sebelum dan sesudah diberikan gymnastic exercise selama 6 minggu. HASIL: Hasil pengujian Independent T-test dan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa mempunyai perbedaan yang signifikan pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static standing balance and dynamic standing balance pada anak hal ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0001 (p< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static and dynamic standing balance pada anak usia 8 sampai 9 tahun.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 01
Uncontrolled Keywords: Gymnastic Exercise, static and dynamic standing balance, Modification Clinical Test Sensory Interaction and Ballance (m-CTSIB), anak usia 8 - 9 tahun.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 08:11
Last Modified: 15 Jun 2011 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12475

Actions (login required)

View Item View Item