DARMAWAN, AGUS (2008) ANALISIS KEERATAN HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN KARAKTERISTIK PRODUK HP NOKIA SEBAGAI PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN HP NOKIA PADA WARGA DI KELURAHAN KARANGANYAR WERU SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
B100020133.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
Abstract
Kemudahan dalam berkomunikasi menjadi hal yang utama bagi setiap orang, terutama di era perkembangan teknologi yang cepat saat ini. Telepon seluler atau handphone sebagai salah satu alat komunikasi yang efektif dan efisien menjadi pilihan sebagian besar masyarakat dalam penggunaan sarana komunikasi. Perusahaan-perusahaan produk handphone kini bersaing antara satu dengan yang lain untuk menawarkan produk yang mereka produksi kepada konsumen. Salah satu merek produk handphone yang cukup populer dan banyak dipakai konsumen adalah Nokia. Sebagai salah satu produk yang banyak dipakai, perusahaan handphone Nokia selalu melakukan inovasi produk dengan penambahan fasilitas dan keunggulan baru yang lebih menarik. Akibatnya banyak produk Nokia yang beredar dipasaran dengan berbagai karakteristik yang berbeda-beda. Konsumen yang menggunakan handphone Nokia juga beragam dengan latar belakang kehidupan dan karakteritik yang berbeda-beda. Beragamnya karakteristik konsumen tersebut, semua konsumen dihadapkan pada kenyataan banyaknya karakteristik produk handphone Nokia yang ditawarkan, sedangkan karakteritik konsumen dan karakteristik produk handphone Nokia itu sendiri merupakan salah satu atribut yang menjadi pertimbangan dalam penentuan keputusan pembelian produk dari konsumen. Dengan melihat beragamnya karakteristik konsumen dan atribut produk HP Nokia tersebut, maka diadakan penelitian dengan judul "Analisis Keeratan Hubungan Antara Karakteristik Produk HP Nokia Sebagai Penentu Keputusan Pembelian HP Nokia Pada Warga Di Kelurahan Karanganyar weru Sukoharjo" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara karakteristik konsumen dengan atribut produk handphone Nokia, dan untuk mengetahui karakteristik konsumen dengan karakteristik produk yang manakah yang mempunyai hubungan yang paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga di kelurahan Karanganyar Weru Sukoharjo, sedangkan sampel yang digunakan adalah 100 orang dari seluruh populasi. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada metode simpel random sampling dan alat analisis yang digunakan adalah Chi Square dan Koefisien kontingensi. Dari hasil analisis diketahui bahwa dari 100 responden 48 diantaranya laki-laki dan 52 perempuan yang sebagian besar mempunyai pendapatan kurang dari Rp 150.000, dan sebagain besar mempunyai pendidikan SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen mempunyai hubungan yang cukup erat dengan karakteristik produk handphone Nokia. Yang ditunjukkan dengan analisis Chi square. Dan berdasarkan hasil perhitungan dengan koefisien kontingensi, dapat diketahui bahwa karakteristik konsumen yang berupa jenis kelamin dan karakteristik produk handphone yang berupa fasilitas mempunyai keeratan hubungan yang paling dominan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik konsumen dan karakteristik produk |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 19 May 2009 08:22 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 06:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1245 |
Actions (login required)
View Item |