SEJARAH PERKEMBANGAN MUHAMMADIYAH DAN NAHDATUL ULAMA (NU) DI DESA PLOMPONG KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN 2010 (STUDI PERBANDINGAN)

AZMI , M. ALFIAN NURUL (2010) SEJARAH PERKEMBANGAN MUHAMMADIYAH DAN NAHDATUL ULAMA (NU) DI DESA PLOMPONG KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN 2010 (STUDI PERBANDINGAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)

Abstract

Latar belakang perkembangan Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama adalah hubungan sosial antara warga Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama di Desa Plompong terwujud dalam hubungan sosial terjadi karena hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat luas, di mana warga Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama melakukan segala aktivitas yang sudah menjadi norma-norma kemasyarakatan dan kesepakatan bersama. Pelaksanaan hubungan sosial yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan terwujud dalam bentuk kerja sama, akomodasi, dan kompetisi. Pelaksanaan tersebut terwujud dalam bentuk adanya kerjasama dalam kerja bakti, dan juga tolong menolong jika ada anggota masyarakat yang terkena musibah. Namun dibalik itu semua masih terjadi problem, masalah dan perselisihan dalam hal organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran serta mengetahui tentang sejarah perkembangan Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama yang ada di desa Plompong Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Sehubungan dengan hal tersebut hendak diketahui juga kesuksesan dan peran amal usaha yang dikelola dua organisasi tersebut terhadap masyarakat sekitar, gambaran yang lebih terperincinya lagi dapat pula diketahui hubungan sosial antara Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, juga faktor- faktor yang mendukung dan menghambat sejarah perkembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis yaitu dengan mengetahui peristiwa masa lampau dengan menggunakan metode induktif komparatif yang digunakan sebagai proses pengambilan kesimpulan yang bertujuan untuk memberikan gambaran sesuatu keadaan dilapangan secara objektif, dengan metode tersebut digunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi lapangan, dokumentasi dan interview atau wawancara dengan para responden. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembentukan hipotesis yang didasarkan pada satu atau dua fakta atau bukti-bukti yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan sosial antara keduanya terlihat sangat berbeda, adapun perbedaan itu dilihat dari hasil analisis yaitu tentang pemahaman agama serta jalur dakwahnya baik yang dilakukan oleh Muhammadiyah ataupun Nahdatul Ulama, perbedaan yang lain juga pada satu sub pembahasan yaitu tentang amal usaha walaupun amal usaha dari segi pendidikan sama tapi dari segi sosial atau dakwah Muhammadiyah lebih banyak memiliki mejlis Ta’lim atau pengajian-pengajian yang diagendakan dari pada Nahdatul Ulama. Perbedaan pengikut dilihat dari segi organisasi antara Muhammadiyah dan nahdatul Ulama disebabkan karena adanya akomodasi minoritas terhadap mayoritas, adanya hubungan ketegangan dan pemahaman keagamaan. Meskipun keduanya sebagian dari pengurus dan anggotanya memilIki hubungan darah atau keluarga yang berbeda akan tetapi tidak menjamin adanya kerjasama yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK H000/2011-002
Uncontrolled Keywords: muhammadiyah, nahdatul ulama, sejarah perkembangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 06:06
Last Modified: 11 Jun 2011 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item