DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF (2010) STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf Download (549kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_pustaka.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
Abstract
Darmawan, Studi terhadap Metode Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008 Dalam mengajarkan ajaran Islam KH.Ahmad Dahlan mempunyai beberapa cara yang sangat unik, diantaranya; dengan memainkan biola, selalu mengajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk membuka sebuah transfer ilmu, selalu menyisipkan nasehat di setiap pengajaran yang beliau sampaikan kepada murid-muridnya, dan masih banyak cara yang beliau terapkan untuk menyampaikan ajaran Islam, sehingga ajaran Islam dapat diterima murid-muridnya dengan baik. Hal tersebut diceritakan dalam sebuah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Novel yang Menceritakan perjuangan KH.Ahmad Dahlan dalam mengajarkan ajaran Islam dan berdirinya organisasi Muhammadiyah. Dari novel Sang Pencerah itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya metode pengajaran atau pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam tentang metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dan materi pelajaran agama Islam yang disampaikan KH.Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik, baik di lingkungan formal, non formal maupun informal, dalam upaya meningkatkan kualitas metode pendidikan Islam yang tepat guna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sumber data primer yaitu sebuah novel Sang Pencerah. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Berdasarkan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, dan menganalisis, kemudian diolah sesuai kemampuan penulis. Dari analisis itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang beliau gunakan untuk mengajarkan ajaran Islam kepada murid- muridnya dan masyarakat pada saat itu berdasarkan novel Sang Pencerah adalah; metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode pemberian contoh danteladan, metode tanya jawab. Dampak dari metode yang diterapkan KH.Ahmad Dahlan adalah materi dapat diterima dengan baik dan menjadi mudah untuk dipahami, menggembirakan, dan menjadikan pengalaman yang menyenangkan. (2) Dalam menggunakan metode tersebut KH.Ahmad Dahlan memberikan materi pelajaran agama Islam, di antaranya; Akhlak seorang muslim, makna agama, ibadah shalat dan arah kiblat, syukur kepada Allah SWT, menyantuni fakir miskin, anak yatim dan gelandangan, dan jihad fi sabilillah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK G000/2011-006 |
Uncontrolled Keywords: | metode pendidikan, novel Sang Pencerah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam > Ushuluddin |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 May 2011 05:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2011 04:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12423 |
Actions (login required)
View Item |