ARIFIN, ARIFIN (2010) PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (248kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
Abstract
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan multimedia dalam pembelajaran, khususnya multimedia audio visual, merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kelas. Salah satu faktor penyebab ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemanfaatan multimedia pembelajaran, baik yang tersedia di sekolah maupun yang sengaja dirancang oleh guru. Multimedia audio visual semacam VCD pembelajaran mampu membuat konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan meningkatkan daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran, karena VCD tersebut menggabungkan suara, gambar atau animasi, dan video. Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk melakukan penelitian penerapan multimedia VCD pada pembelajaran sebagaimana yang penulis lakukan di SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta apa faktor pendukung dan penghambat penerapan multimedia tersebut. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta faktor pendukung dan penghambat penerapan multimedia tersebut. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam penerapan multimedia pada pembelajaran agama serta dapat memberikan motivasi, saran dan petunjuk untuk mengembangkan pembelajaran yang menarik bagi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskripitif- kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat dilakukan di ruang perpustakaan karena belum tersedianya ruang multimedia. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam 2 (dua) kali tatap muka dengan 3 (tiga) langkah, yaitu: (1) Pendahuluan, yaitu pembukaan, appersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) Kegiatan inti, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan multimedia VCD; dan (3) Penutup, yaitu pemberian post tes, kesimpulan dan motivasi. Beberapa faktor pendukung sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran dengan multimedia, meskipun masih dijumpai beberapa faktor penghambat. Penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun berjalan dengan baik, terbukti mampu memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan perhatian peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK G000/2011 - 02 |
Uncontrolled Keywords: | Multimedia VCD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 May 2011 05:27 |
Last Modified: | 11 Jun 2011 04:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12422 |
Actions (login required)
View Item |