OPTIMALISASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 WATUKELIR SUKOHARJO

ALFATTAH, LUQMAN (2010) OPTIMALISASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 WATUKELIR SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Optimalisasi Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi Sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir. Latar belakang munculnya permasalahan dalam penelitian ini karena lesunya eksistensi SMA swasta, khususnya di kabupaten Sukoharjo yang terancam oleh permasalahan program sekolah gratis, pola pikir masyarakat yang masih mengacu kepada sekolah negeriisme dan maraknya sekolah kejuruan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya SMA Muhammadiyah 3 Watukelir agar tetap mendapatkan siswa baru dan tetap eksis dalam menghadapi tantangan maraknya SMK serta pelaksanaan program sekolah gratis, dan paham sekolah negeriisme yang dirumuskan sebagai berikut: a) Apakah keunggulan lokal nonakademik yang berupa ekstrakurikuler sebagai bentuk kontribusi optimalisasi manajemen kesiswaan dapat mempertahankan eksistensi sekolah? b) Bagaimana mekanisme penerimaan murid baru dengan pembentukan jaringan dapat memberikan daya tarik pada animonya. Penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui keunggulan lokal nonakademik yang berupa ekstrakurikuler dalam upaya mengoptimalisasikan manajemen kesiswaan yang dapat mempertahankan eksistensi SMA Muhammadiyah 3 Watukelir. b) Untuk mendeskripsikan mekanisme penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan pembentukan jaringan yang dapat memberikan daya tarik pada animo siswa SMA Muhammadiyah 3 Watukelir. Penilitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan lingkungan alamiah sebagai sumber data, dan menggunakan pendekatan deskriptif analitik dari hasil wawancara, analisis dokumen, serta observasi/catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan; a) Manajemen ekstrakurikuler yang bersumber pada keunggulan lokal nonakademik mempunyai kontribusi nyata dalam optimalisasi implementasi manajemen kesiswaan guna mempertahankan eksistensi sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir. b) Mekanisme PPDB dengan pembentukan jaringan dengan kerja sama kemiteraan yang saling menguntungkan dapat memberikan daya tarik pada masyarakat luas, khususnya animo SMA Muhammadiyah 3 Watukelir.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011 - 09
Uncontrolled Keywords: manajemen kesiswaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 05:13
Last Modified: 11 Jun 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12419

Actions (login required)

View Item View Item