PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI PONDOK PESANTREN IMAM BUKHARI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

HAIRONI, ADI (2011) PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI PONDOK PESANTREN IMAM BUKHARI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap individu yang sedang dalam proses perkembangan akan mengalami berbagai permasalahan, yang tentunya memerlukan bimbingan. Bimbingan yang diterapkan tidak boleh dilepaskan begitu saja dari ajaran Islam yang tertuang dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah, karena kedua sumber tersebut merupakan pedoman otentik dalam penggalian khazanah keilmuan apa pun dalam Islam. Begitu juga Bimbingan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Imam Bukhari dengan berpijak dari kedua sumber itu yang diharapkan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri serta mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan Bimbingan Konseling Islami di Pondok Pesantren Imam Bukhari dan hambatan yang dijumpai dalam penerapan Bimbingan Konseling Islami di Pondok Pesantren Imam Bukhari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitiannyadilakukan di Pondok Pesantren Imam Bukhari Surakarta. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling sekaligus sebagai sumber data primer serta kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai sumber data sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru pengampu bimbingan dan konseling di Pondok Pesantren Imam Bukhari sudah memiliki kompetensi sebagai guru bimbingan konseling Islami yaitu menguasai ilmu bimbingan dan konseling, memahami wawasan pendidikan, dan memahami syariat Islam dengan baik. Tujuan Bimbingan Konseling Islami di Pondok Pesantren Imam Bukhari adalah ingin mencetak siswa yang shalih dan shalihah sesuai dengan Al Qur’an dan As- Sunnah. Keistimewaan bimbingan dan konseling di Pondok Pesantren Imam Bukhari adalah memberikan layanan menggunakan metode Islami, salah satu metode yang efektif yaitu pencatatan point bagi siswa. Penerapan bimbingan konseling belum sepenuhnya berhasil terbukti masih adanya pelanggaran- pelanggaran yang terjadi sampai saat ini. Meskipun, intensitasnya menurun setiap tahunnya. Untuk penanggulangan pelanggaran yang dilakukan siswa terus diupayakan baik secara preventif, kuratif, preservatif, maupun developmental. Dalam penerapan bimbingan konseling di Pondok Pesantren Imam Bukhari masih mengalami hambatan diantaranya kurangnya koordinasi dan kerjasama dengan orang tua siswa maupun karyawan serta masalah finansial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011 - 11
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Bimbingan, Konseling, Islami
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:28
Last Modified: 11 Jun 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12411

Actions (login required)

View Item View Item