STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Setiyoko , Rohman (2010) STUDI KOMPETENSI GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_22222.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha orang dewasa dalam pergaulan anak-anak untuk memimpin jamani dan rohani kearah kedewasaan dalam artian pendidikan adalah sebuah prosese trasper nilai-nilai guru. Oleh karena itu di SMP Muhammadiyah 2 Surakrta kompetensi guru dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan pelaksanaan evalauasi pembelajaran. Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar menagajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Berdasarkan latar belakang diatas penulis merumuskan masalah bagaimana kompetensi guru dalam evalausi pembelaaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Manfaat ini sebagai masukan bagi guru betapa pentingnya kom petensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan keterkaitan kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, sehingga didapatkan hasil belajar yang optima, dan mengajak guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta untuk berkompetensi dalam masalah pelaksanaan evaluasi pembelajarn. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Adapun yang menjadi tolok ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi tinggi, sedang atau rendah. Dan setelah dilakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, siswa semakin menjadi lebihn baik dalam proses pembelajaran setelah beberapa penilaian yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta memiliki kompetensi yang tinggi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 May 2011 09:54
Last Modified: 16 May 2011 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item