HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

KIRANA , AULIA (2011) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Kategorisasi_dan_Skala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Prestasi akademik selama ini dianggap sebagai suatu tolak ukur pencapaian keberhasilan dari mahasiswa. Tuntutan ini secara tidak langsung tercermin dari prasyarat untuk mencari pekerjaan dan studi lanjut yang mencantumkan batasan minimal Indeks Prestasi Kumulatif. Dalam usaha untuk mengerti variabel yang memiliki peran penting dalam terciptanya prestasi akademik, dipilih dua variabel yang dinilai memiliki kontribusi yaitu efikasi diri dan dukungan sosial. Pajares (2002), dalam reviewnya terhadap teori Bandura mengatakan bahwa efikasi diri secara jelas selalu terhubung pada setiap kajian mengenai pendidikan diantaranya pada penelitian prestasi akademik. Sementara penelitian Kim (2010) menunjukkan data bahwa untuk mencapai kesuksesan akademik salah satu faktor yang penting adalah dukungan sosial yang diterima dari orang tua. Penelitian ini memiliki tiga macam tujuan yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa, mengetahui peran efikasi diri terhadap prestasi akademik dan peran dukungan sosial terhadap prestasi akademik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 86 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala efikasi diri dari Elias (2008), Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang dirumuskan oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1988) dan dokumentasi nilai indeks prestasi. Analisis dilakukan menggunakan analisa regresi dua prediktor. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,310; p = 0,015 (p < 0,05). Sumbangan efektif efikasi diri dan dukungan sosial dengan prestasi akademik sebesar 9,6%. Diketahui pula adanya hubungan antara efikasi diri dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,270; p = 0,012 (p < 0,05) dan hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi akademik dengan R sebesar 0,267 ; p = 0,013 (p < 0,05). Dalam variabel efikasi diri, aspek tingkatan dan kekuatan menunjukkan kontribusi yang cukup besar, sementara aspek keluasan tidak menunjukkan signifikansi peran terhadap prestasi akademik. Dalam variabel dukungan sosial, ditunjukkan kontribusi yang signifikan oleh aspek dukungan teman dan keluarga, sementara faktor dukungan orang yang dianggap penting tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, dukungan sosial, prestasi akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 May 2011 09:35
Last Modified: 16 May 2011 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item