PERENCANAAN PENGEMBANGAN LAHAN UNTUK TANAMAN TERUNG ( Solanum Melongena Linn ) DAN CABAI ( Capsicum Annuum ) KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR

RIZKI, FAISAL (2011) PERENCANAAN PENGEMBANGAN LAHAN UNTUK TANAMAN TERUNG ( Solanum Melongena Linn ) DAN CABAI ( Capsicum Annuum ) KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perencanaan Pengembangan Lahan untuk Tanaman Terung (Solanum Melongena Linn) dan Cabai (Capsicum Annuum) Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar”, bertujuan: (1) mengetahui kesesuaian lahan untuk tanaman terung dan cabai; (2) mengetahui potensi perencanaan pengembangan lahan untuk tanaman terung dan cabai di daerah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, sedangkan pengambilan sampel menggunakan strata sampel dengan satuan lahan sebagai stratanya. Data yang dikumpulkan terdiri dari aspek fisik dan ekonomi, data fisik meliputi temperatur, ketersediaan air, ketersediaan oksigen, media perakaran, retensi hara, bahaya sulfidik, bahaya erosi, bahaya banjir, dan penyiapan lahan. Sedangkan data ekonomi meliputi hasil pertanian dan permintaan pasar terhadap hasil pertanian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kelas kesesuaian lahan untuk tanaman terung di daerah penelitian terdiri dari dua kelas yaitu S3 dan N dengan faktor pembatas curah hujan, bahan kasar, kejenuhan basa, kemiringan lereng, bahaya erosi, batuan di permukaan dan singkapan batuan. Sedangkan kelas kesesuaian lahan untuk tanaman cabai terdiri dari tiga kelas yaitu S2, S3, dan N dengan faktor pembatas curah hujan, drainase, bahan kasar, kejenuhan basa, kemiringan lereng, bahaya erosi, batuan di permukaan dan singkapan batuan; (2) analisa menunjukkan potensi perencanaan pengembangan lahan untuk tanaman terung dan cabai memiliki luas lahan 1.392,129 ha yaitu 49,02 % dimana persebarannya terdapat di seluruh Desa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK E100/2011 - 05
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pengembangan lahan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 May 2011 09:11
Last Modified: 10 Jun 2011 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item