Wahyuningsih, Lely (2011) PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecemasan matematika merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh siswa, baik dari siswa SD hingga mereka yang sudah jadi Mahasiswa. Kecemasan matematika merupakan reaksi emosional yang negative terhadap aritmatika atau matematika. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan matematika yaitu dengan menggunakan bacaan yang relevan sebagai sarana terapi atau yang sering disebut dengan bibliotherapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika. Guna mendeskripsikan secara mendalam pengaruh bibliotherapy terhadap penurunan kecemasan matematika, maka penelitian dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berasal dari SMAN 1 Cawas kabupaten Klaten kelas XII program regular yang berjumlah 15 orang siswa yang termasuk dalam kategori memiliki kecemasan matematika tinggi berdasarkan skala kecemasan matematika, dan memiliki kecemasan tinggi berdasarkan skor TMAS. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil pengukuran menggunakan uji T-Test (paired sample T-Test), dimana diperoleh hasil uji t-test untuk skala kecemasan matematika sebesar 7.512 dengan p = 0.00 (p<0.05), dan untuk TMAS sebesar 11.455 dengan p = 0.00 (p<0.05). Rerata kecemasan matematika sebelum perlakuan sebesar 92.40, sedangkan setelah perlakuan sebesar 78.00. Rerata skor TMAS sebelum perlakuan sebesar 35.33, dan setelah perlakuan sebesar 28.40. Berdasarkan hasil uji t-test dan hasil rerata dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan pemberian bibliotherapy terhadap kecemasan matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan juga bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa bibliotherapy berpengaruh terhadap penurunan kecemasan matematika dapat diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011 - 01 |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, Bibliotherapy, kecemasan matematika. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 14 May 2011 05:33 |
Last Modified: | 10 Jun 2011 03:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12351 |
Actions (login required)
View Item |