PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya) TERHADAP JUMLAH NYAMUK Aedes aegypti YANG HINGGAP PADA TANGAN MANUSIA

KOMALASARI, DIAH (2007) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya) TERHADAP JUMLAH NYAMUK Aedes aegypti YANG HINGGAP PADA TANGAN MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 2&3)
BAB_II,IIIf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab 4&5)
BAB_IV_&_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (266kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, kondisi ini sangat cocok untuk perkembangan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini merupakan vektor virus demam berdarah. Banyaknya korban DBD (Demam Berdarah Dengue) setiap tahunnya, disebabkan tidak adanya vaksin serta sanitasi yang buruk. Daun pepaya (Carica papaya) dengan kandungan : alkaloid karpain, glukosida karpain, sedikit damar, enzim proteolitik papain, dapat dipergunakan sebagai repellent anti nyamuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekstrak daun pepaya (Carica papaya ) terhadap jumlah nyamuk Aedes aegypti yang hinggap pada tangan manusia, dengan 5 tingkat konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50% dan kontrol (0%, tidak diberi ekstrak daun papaya). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi FKIP UMS. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 1 faktor perlakuan, dengan ulangan sebanyak 5 kali. Data dianalisis menggunakan anova satu jalur, Fhit 216,844 jauh lebih besar dari Ftab(0,01)=3,90 dan Ftab(0,05)=2,62, uji signifikan dilakukan dengan uji BNT. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemberian ekstrak daun pepaya dengan konsentrasi yang berbeda memberi pengaruh terhadap jumlah nyamuk Aedes aegypti yang hinggap pada tangan manusia, pada konsentrasi 50%(P5) dapat menurunkan nyamuk yang hinggap pada tangan mencapai 99%. Dari penelitian ini bisa disimpulkan konsentrasi yang efektif dalam penggunaanya adalah 50%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nyamuk Aedes aegypti, DBD, Ekstrak Daun pepaya (Carica papaya)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 09:49
Last Modified: 13 May 2011 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item View Item