PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB

RHIFAI, ROHMAN (2011) PENGARUH HEAT TREAMENT (QUENCHING, AGING, ANNEALING) TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS RODA GIGI REDUSER TYPE CCM, CEA, TKB. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Untuk meningkatkan kekuatan mekanis poros roda gigi dilakukan proses heat treatment. Tujuan penelitian tentang pengaruh heat treatment (quenching, aging dan annealing) pada poros roda gigi reduser ini untuk mengetauhi komposisi bahan, struktur mikro dan kekerasan pada pada poros roda gigi reduser type CCM, CEA dan TKB. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa poros pinion dan poros roda gigi cacing reduser type CCM, CEA dan TKB. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment dengan memanaskan spesimen pada elektri trance (tungku) pada suhu 950° C selama 1 jam, lalu di quenching dengan air, setelah itu spesimen yang lain di aging dalam suhu kamar dan dibiarkan selama 24 jam dan setelah itu di annealing dengan cara didinginkan secara alami dengan media angin selama 24 jam. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia, struktur mikro dan kekerasan. Dari uji komposisi kimia diketauhi bahan poros pinion dan poros roda gigi cacing type CCM, CEA dan TKB adalah baja mangan (Mn), dimana unsur yang dominan pada poros pinion type CCM, CEA dan TKB mangan (Mn) 0,5977%, 0,5630% dan 0,7665%. Sedangkan pada poros roda gigi cacing type CCM, CEA dan TKB mangan (Mn) 0,7100%, 0,9225% dan 0,9640%. Pada struktur mikro ditemukan fasa ferit, perlit dan austenit sisa. Pada uji poros pinion type CCM mengalami penurunan quenching 386,4 Kg/mm2 , aging 88,1 Kg/mm2 dan annealing 78,5 Kg/mm2 Type CEA quenching 345,2 Kg/mm2 , aging 102,6 Kg/mm2 dan annealing 214 Kg/mm2. Type TKB quenching 111,9 Kg/mm2 , aging 107,4 Kg/mm2 dan annealing 130 Kg/mm2 Pada uji kekerasan poros roda gigi cacing type CCM, raw material 33,1 Kg/mm2, quenching 131,9 Kg/mm2 , aging 145,5 Kg/mm2 dan annealing 130,2 Kg/mm2. Type CEA raw material 291,1 Kg/mm2, quenching 301,2 Kg/mm2 , aging 138 Kg/mm2 dan annealing 219,9 Kg/mm2. Type TKB raw material 269,1 Kg/mm2, quenching 139,7 Kg/mm2 , aging 66,1 Kg/mm2 dan annealing 130 Kg/mm2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poros Roda Gigi Reduser, Heat Treatment, Quenching, Aging, Annealing, komposisi kimia
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 May 2011 03:58
Last Modified: 11 May 2011 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item