PENGARUH METODE SALURAN PENDINGIN PADA MOULD CONFORMAL LAMINASI, MOULD LURUS DAN MOULD CONFORMAL SOFT TOOLING TERHADAP CACAT PRODUK WARPAGE, SINK MARK DAN PENGUKURAN KESELINDRISAN PRODUK PADA MESIN MANUAL INJECTION MOULDING PLASTIC

SUSANTO, SUSANTO (2011) PENGARUH METODE SALURAN PENDINGIN PADA MOULD CONFORMAL LAMINASI, MOULD LURUS DAN MOULD CONFORMAL SOFT TOOLING TERHADAP CACAT PRODUK WARPAGE, SINK MARK DAN PENGUKURAN KESELINDRISAN PRODUK PADA MESIN MANUAL INJECTION MOULDING PLASTIC. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
cover+bab1.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Full Text)
LAPORAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Plastik merupakan bahan baru yang semakin berkembang. Dewasa ini, plastik banyak digunakan untuk berbagai macam bahan dasar. Penggunaan plastik dapat dipakai sebagai bahan pengemas, konstruksi, elektroteknik, automotif, mebel, pertanian, peralatan rumah tangga, bahan pesawat, kapal mainan dan lain sebagainya. Penggunaan plastik di berbagai bidang seperti di atas di dasarkan pada alasan bahwa bahan plastik mempunyai keunggulan dibandingkan dengan bahan lain antara lain, seperti tidak mudah berkarat, kuat, tidak mudah pecah, ringan, elastis, mudah dibentuk (formability) , mempunyai daya serap yang tinggi terhadap beban kejut (impact load) dan getaran (vibration), dan baru-baru ini plastic juga ada plastic yang ramah lingkungan yang bisa terurai, murah dan sebagainya maka plastic selama ini selalu peningkatan produksi. Didalam penelitian ini Menyelidiki pengaruh sistem pendinginan mould berbentuk pendingan conformal laminasi, pendinginan mould berbentuk lurus dan pendinginan mould berbentuk conformal soft tooling terhadap besarnya cacat produk seperti warpage, sinkmark, keselindrisan hasil pada mesin injeksi plastik dan menentukan sistem pendinginan mould yang optimal dalam mengendalikan dimensi cacat produk. Prosentase menggurangi cacat produk warpage, sink mark, keselindrisan lebih baik menggunakan sistem pendinginan conformal soft tooling didalam penelitian lapangan, Ini membuktikan bahwa sistem pendinginan conformal soft tooling mempunyai kontribusi dan lebih optimal dalam mengendalikan cacat dimensi produk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh sistem pendinginan, mengendalikan cacat produk.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2011 05:30
Last Modified: 10 May 2011 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item View Item