PENGARUH SISTEM PENDINGINAN LURUS, CONFORMAL LAMINASI DAN CONFORMAL SOFT TOOLING TERHADAP PENYUSUTAN DIMENSI PRODUK PADA MESIN INJEKSI PLASTIK

HERMANSYAH, DODIH (2011) PENGARUH SISTEM PENDINGINAN LURUS, CONFORMAL LAMINASI DAN CONFORMAL SOFT TOOLING TERHADAP PENYUSUTAN DIMENSI PRODUK PADA MESIN INJEKSI PLASTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Full Text)
Laporan_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan yang sering timbul pada proses pembentukan plastik dengan menggunakan metode injection moulding adalah terjadinya cacat produk seperti penyusutan, bentuk yang tidak sempurna dan kerusakan dimensi lainnya yang disebabkan oleh setting parameter-parameter yang tidak tepat pada saat proses produksi plastik. Seperti cacat penyusutan pada benda cetak plastik dapat terjadi akibat dari temperatur leleh yang terlalu tinggi, ketebalan dinding cetakan, dan pendinginan mould yang tidak merata. Hal ini tentu saja sangat merugikan baik dari segi waktu maupun biaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti sejauh mana pengaruh sistem pendinginan mould terhadap penyusutan dimensi produk. Penelitian ini dimulai dengan desain dan pembuatan mould sistem pendinginan lurus, conformal laminasi dan conformal soft tooling. Melakukan eksperimen injeksi plastik, pertama memanaskan bijih plastik polypropylene di dalam barrel, setelah plastik meleleh kemudian di injeksi ke dalam mould, kemudian dialiri air pada saluran pendingin. kemudian setelah specimen produk jadi dilakukan pengukuran dimensi produk dan dibandingkan dengan dimensi mould sehingga didapatkan penyusutan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa prosentase penyusutan dimensi produk pada sistem pendinginan conformal laminasi dan soft tooling lebih kecil jika dibandingkan dengan penyusutan pada sistem pendinginan lurus, kemudian perbandingan penyusutan dimensi diameter pada sumbu X maupun sumbu Y tidak jauh. Ini membuktikan bahwa sistem pendinginan conformal laminasi dan soft tooling mempunyai kontribusi dan lebih optimal dalam mengendalikan penyusutan dimensi produk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D200/2011 - 06
Uncontrolled Keywords: injection moulding, polypropylene, penyusutan produk
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2011 04:54
Last Modified: 07 Jun 2011 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12217

Actions (login required)

View Item View Item