Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100

AZIZ, ABDUL (2011) Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (509kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Besarnya daya motor bakar sangat dipengaruhi oleh tenaga panas yang ditimbulkan oleh pembakaran di dalam ruang bakar. Tenaga panas akan mempunyai nilai panas yang tinggi bila pembakaran terjadi secara sempurna (bahan bakar keseluruhan). Faktor kesempurnaan pembakaran tergantung dari segi mekanis motor bakar dan sifat fisis bahan bakar. Yang merupakan sifat mekanis motor bakar antara lain adalah katup. Mekanisme katup pada motor bakar berfungsi mengatur masuk dan keluarnya gas untuk proses pembakaran didalam silinder. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja katup adalah dimensi (diameter) katup. Semakin besar diameter katup, maka konsumsi gas yang dihisap pada proses pembakaran akan semakin besar pula dan sebaliknya. Untuk mengetahui pengaruh variasi katup dengan variasi bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar dan daya motor, maka dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah merk honda GL100. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing katup dan variasi bahan bakar guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pada putaran (rpm) awal penelitian 6000 rpm, variasi katup racing menghasilkan daya (P) dan torsi (T) yang lebih besar daripada katup standart dan rata-rata pada masingmasing katup, nilai tertinggi torsi terjadi pada putaran awal 6000 rpm sedangkan nilai tertinggi daya terjadi pada kisaran 8000 rpm. Untuk nilai bahan bakar spesifik, pada penelitian didapatkan hasil yang variatif hampir sama antara masing-masing variasi katup.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Katup, premium, pertamax
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 May 2011 07:23
Last Modified: 09 May 2011 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item