AZIZ, ABDUL (2011) Analisis Perubahan Diameter Katup Terhadap Kinerja Motor Honda GL 100. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (509kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf Download (337kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
Abstract
Besarnya daya motor bakar sangat dipengaruhi oleh tenaga panas yang ditimbulkan oleh pembakaran di dalam ruang bakar. Tenaga panas akan mempunyai nilai panas yang tinggi bila pembakaran terjadi secara sempurna (bahan bakar keseluruhan). Faktor kesempurnaan pembakaran tergantung dari segi mekanis motor bakar dan sifat fisis bahan bakar. Yang merupakan sifat mekanis motor bakar antara lain adalah katup. Mekanisme katup pada motor bakar berfungsi mengatur masuk dan keluarnya gas untuk proses pembakaran didalam silinder. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja katup adalah dimensi (diameter) katup. Semakin besar diameter katup, maka konsumsi gas yang dihisap pada proses pembakaran akan semakin besar pula dan sebaliknya. Untuk mengetahui pengaruh variasi katup dengan variasi bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar dan daya motor, maka dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah merk honda GL100. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing katup dan variasi bahan bakar guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pada putaran (rpm) awal penelitian 6000 rpm, variasi katup racing menghasilkan daya (P) dan torsi (T) yang lebih besar daripada katup standart dan rata-rata pada masingmasing katup, nilai tertinggi torsi terjadi pada putaran awal 6000 rpm sedangkan nilai tertinggi daya terjadi pada kisaran 8000 rpm. Untuk nilai bahan bakar spesifik, pada penelitian didapatkan hasil yang variatif hampir sama antara masing-masing variasi katup.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Katup, premium, pertamax |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 May 2011 07:23 |
Last Modified: | 09 May 2011 10:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12195 |
Actions (login required)
View Item |