TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ASURANSI KESEHATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS GONDANG KABUPATEN SRAGEN

MURWATI , ENI (2011) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ASURANSI KESEHATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS GONDANG KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan kesehatan merupakan salahsatu bagian program pemerintah dalam pembangunan nasional. Pegawai negeri merupakan bagian dari masyarakat yang memegang peranan penting dalam proses pembagunan sehingga dalam mengemban tugasnya perlu dijaga dan dipelihara kesehatannya dengan sebaik- baiknya. Sebagai konsekuensinya maka pemerintah menetapkan setiap pegawai negeri sipil dan penerima pensiun merupakan peserta asuransi kesehatan yang termasuk dalam pertanggungan wajib yang diselenggarakan oleh pemerintah. Usaha pemeliharaan kesehatan ini beberapa kali mengalami berbagai penyempurnaan, usaha pemeliharaan kesehatan para pegawai tersebut sebelumnya dilakukan oleh Departemen Kesehatan dengan menggunakan anggaran rutin sehingga beban ditanggung oleh departemen tersebut terlalu berat dan mengingat pembiayaan kesehatan semakin meningkat maka dicari jalan keluarnya, yaitu pegawai negeri wajib ikut membiayai kesehatan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah pelaksanaan program Asuransi Kesehatan bagi pegawai negeri sipil dan penerima pensiun beserta anggota keluarganya di Puskesmas Gondang Kabupaten Sragen sudah sesuai dengan hukumyang berlaku, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program Asuransi Kesehatan bagi pegawai negeri sipil dan penerima pensiun beserta anggota keluarganya, dan 3) Bagaimana cara mengatasi hambatan yang timbul dalam pelaksanaan program Asuransi Kesehatan bagi pegawai negeri sipil dan penerima pensiun beserta anggota keluarganya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Asuransi Kesehatan bagi pegawai negeri sipil dan penerima pensiun beserta anggota keluarganya di Puskesmas Gondang Kabupaten Sragen sudah sesuai dengan hukum yang berlaku. Hambatan yang muncul dalam pelayanan Askes di Puskesmas Gondang kabupaten Sragen ada dua faktor, yaitu hambatan secara prosedural dan hambatan secara teknik. Dan hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan tepat berdasarkan akar permasalahannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tinjaun Yuridis, Asuransi Kesehatan, Puskesmas Gondang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 06:19
Last Modified: 05 May 2011 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item