PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2007/2008

Sayyidah, Diyah Fatihatus (2008) PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050137.pdf

Download (730kB)
[img] PDF
A210050137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 200 siswa, sampel yang diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) metode angket (2) metode dokumentasi (3) metode wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 5,836 + 0,575.X1 + 0,303.X2 dan dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung>ttabel dengan perolehan 3,063>2,021 pada taraf signifikasi 5% (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung>ttabel dengan perolehan 2,677>2,021 pada taraf sinifikasi 5% (3) terdapat pengaruh yang positif antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh Fhitung>Ftabel dengan perolehan 14,985>3,23. (4) di dapat R Square = 44,8% artinya pengaruh minat baca dan lingkungan belajar sebesar 44,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat-baca, lingkungan-belajar, prestasi-belajar ekonomi ix
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2009 04:14
Last Modified: 31 Jan 2011 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item