Inandisari, Tresno (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SUB KONSEP PTERIDOPHYTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008-2009. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040019.pdf Download (42kB) |
|
PDF
A420040019.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Biologi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VIIA di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada sub konsep Pteridophyta. Peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif, dengan lebih menekankan pada kerja sama dalam mencapai tujuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif 6,50 atau meningkat sebesar 1,12 dari nilai awal 5,38; ranah afektif 23,30 (termasuk kriteria kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif 7,50 meningkat 1,00 dari siklus I; ranah afektif 32,90 (termasuk kriteria cukup berminat) meningkat sebesar 9,60 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif 8,85 meningkat 1,35 dari siklus II; ranah afektif 41,825 (termasuk kriteria berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pokok tumbuhan paku-pakuan siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode Survey, Question, Read, Recite dan Review |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2009 02:35 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1202 |
Actions (login required)
View Item |