PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Widyanto , Arif Nur Syahid (2011) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan likuiditas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar (Go Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti yang tercantum dalam Indonesian Capital Market Directory (2009). Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) digunakan sebagai populasi, karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan kepada pihak luar perusahaan. Di ICMD (Indonesian Capital Market Directory) tersebut diketahui bahwa jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (go public) di BEI adalah 149 perusahaan pada tahun 2009 yang terbagi dalam 19 kategori perusahaan. Sampel penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sesuai dengan kriteria. Metode analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda, menggunakan program SPSS 15.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan likuiditas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur. Pengaruh adjusted R2 sebesar 28,8% sedangkan sisanya sebesar 71,2% di pengaruhi faktor-faktor lain diluar variabel. Hasil uji F menunjukan nilai F hitung (7,227) diterima pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan Secara parsial profitabilitas dan ukuran dewan komisaris berpengaruh secara signifikan pada taraf signifikan 5%, sedangkan ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Karakteristik Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 May 2011 08:00
Last Modified: 02 May 2011 08:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item