PENGARUH KUALITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTE RISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Publik Non-Perbankan dan Jasa Keuangan Lainnya yang Terdaftar di BEI)

MUMTAZ , NI’AM AL (2011) PENGARUH KUALITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTE RISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Publik Non-Perbankan dan Jasa Keuangan Lainnya yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas good corporate governance dan karakteristik perusahaan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Dalam penelitian ini kualitas GCG dinilai dengan skor Corporate Governance Perception Index (CGPI) dan karakteristik perusahaan diukur dengan Debt to Equity Ratio, ukuran perusahaan dengan total aset, profitabilitas dengan Return on Asset (ROA), dan likuiditas dengan Current Ratio (CR). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik non-perbankan dan jasa keuangan lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2001-2008. Data GCG diperoleh dari skor CGPI yang dipublikasikan majalah Swa dan data karakteristik perusahaan diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Pemilihan sampel berdasarkan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 48 perusahaan yang sesuai dengan kriteria sampel. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi logistik. Hasil uji model dari penelitian ini ditunjukkan dengan nilai Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test dan nilai Negelkerke R2 . Nilai Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test sebesar 0,335. Dimana 0,335>0,05 hal ini berarti model fit dengan data dan mampu memprediksi nilai observasinya. Nilai Negelkerke R2 sebesar 0,389. Hal ini berarti variabel dependen yang dapat dijelaskan variabilitas variabel independennya sebesar 38,9% dan sisanya sebesar 61,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Pengujian validitas pengaruh dengan uji Wald menunjukkan bahwa kualitas GCG berpengaruh signifikan dengan probabilitas signifikansi 0,007 dimana nilai p<0,05 menunjukkan bahwa kualitas GCG berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sedangkan signifikansi DER 0,282, total aset 0,148, ROA 0,366, dan CR 0,161 hal ini berarti nilai p>0,05 sehingga DER, total aset, ROA, dan CR tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas GCG, Karakteristik Perusahaan, Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 08:13
Last Modified: 29 Apr 2011 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11981

Actions (login required)

View Item View Item